Blogger news

Majalah MAYAra adalah majalah donasi internasional yang berbasis keilmuan tanpa memandang golongan bermodalkan persaudaraan. Bersama Boleh Beda. Allahu Akbar...!!!

Apa Musa'ah Membuat Ta'jub



عن عبد الله بْن عَمْرِورضي الله عنه َعَنْ رَسُوْلِ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: مِنِ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ أَنْ يُرْفَعَ الأَشْرَارُ ويُوْضَعُ اْلأَخٍْيَارُ ويُقْبَحُ الْقَوْلُ وَيُحْسَنُ الْعَمَلُ وَتَفْرِي فِي الْقَوْمِ الْمُسَاءَةُ ؟ قُلْتُ: وَمَا الْمُسَاءَةُ قَالَ : مَا كُتِبَ سِوَى القُرْآنِ.
(رواه الطبراني ورجاله رجال الصحيح)
Dari Abdullah bin ‘Amr ra, dan Rasulullah saw, beliau bersabda: “Di antara tanda dekatnya hari kiamat ialah apabila orang-orang yang berprilaku buruk dimuliakan, orang-orang yang berprilaku baik direndahkan, ucapan dianggap buruk pekerjaan dianggap baik dan musa’ah mena’jubkan banyak orang”. Aku bertanya: “Apakah musa ‘ah itu?” Beliau menjawab: “Tulisan selain Kitabullah” (Hr. Thabrani, para perawinya adalah para perawi hadits Shahih; Majma’uz Zawa’id
III/340)

Bayan
Hadits di atas menyatakan bahwa termasuk tanda-tanda dekatnya hari kiamat ialah:
-Orang yang berprilaku buruk dimuliakan sedang yang berprilaku baik direndahkan; Sepertinya yang demikian itu sulit dipercaya. Tetapi jika kita amati dengan seksama, apa yang disabdakan oleh Nabi saw itu sekarang sudah menjadi kenyataan. Para pejuang yang gigib mempeijuangkan kemerdekaan negeri ini banyak yang lepas dari perhatian kita. Tetapi para pejabat artis dan da’i (bukan ulama’) yang belum tentu baik prilakunya dielu-elukan. Ulama yang berdakwah dengan ikhlas dianggap kampungan, sementara para ustadz dan muballigh dadakan yang menggunakan aji mumpung sering diundang untuk mengisi pengajian. Pemuda yang taat beribadah dan rajin bekerja dianggap kuper (kurang pergaulan) sementara pemuda yang tidak memperdulikan agama dan pekerjaannya hanya menghambur-hamburkan uang merupakan kebanggaan. Remaja putri yang menutup aurat dianggap kuno dan ketinggalan jaman sementara yang pamer aurat malah menjadi panutan. Dan masih banyak lagi contoh yang lain.
 
-Ucapan dianggap buruk, sedang pekerjaan dianggap baik, Karena kecintaan terhadap dunia akhirnya banyak orang yang gila bekerja. Hingga tidak ada waktu yang terluang untuk sekedar berbicara. Artinya, jika berbicara dapat menghasilkan uang maka bicara dianggap penting. Namun jika pembicaraan itu tidak menghasilkan uang (walaupun berpahala, seperti memberi nasehat, mengucapkan salam dan bertegur-sapa dengan tetangga) maka tidak ada gunanya berbicara, lebih baik konsentrasi bekerja. Dan tanda dekatnya kiamat yang ini pun rasanya juga sering kitajumpai.

- Musa ‘ah (tulisan selain Al-Qur ‘an) mena‘jubkan banyak orang; Tanda dekatnya hari kiamat yang ini justru telah nyata di depan mata kita. Jangankan keluarga yang tidak taat beragama, keluarga yang taat beragama saja jarang yang cinta membaca apalagi gandrung terhadap AlQ ur’an dan buku-buku islami. Mereka lebih akrab dengan buku-buku bacaan yang tidak menambah keimanan dan wawasan keagamaan, seperti novel murahan, majalah cabul, koran yang tidak mendidik dsb. Bahkan ironisnya terkadang pemuda muslim atau muslimah merasa malu jika ketahuan oleh teman-temannya bahwa ia sedang membaca buku-buku relegius.
Karenanya marilah kita berhati-hati dan pandai-pandai memahami peringatan yang telah disampaikan oleh Nabi Muhammad saw agar selamat dari fitnah akhirjaman. Wallahu A’lam. 

0 komentar:

Posting Komentar